Rekruitment Bank Indonesia
Persyaratan Pelamar
Persyaratan Umum
- Warga Negara Indonesia.
- Telah menyelesaikan masa studi jenjang pendidikan S1/S2 dengan melampirkan Ijazah.
- IPK minimal 3,00 (skala 4,00).
- Usia maksimal per 8 September 2016 :
- 26 tahun untuk jenjang pendidikan S1; atau
- 28 tahun untuk jenjang pendidikan S2.
- Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan/atau sosial kemasyarakatan merupakan nilai tambah.
- Berkelakuan baik dan sehat jasmani serta rohani.
- Tidak sedang menjalani ikatan dinas atau bersedia melepaskan ikatan dinas dengan institusi lain.
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris aktif / sangat baik (setara dengan nilai TOEFL minimal 500).
- Diutamakan memiliki kemampuan sangat baik dalam penulisan, komunikasi verbal dan penggunaan komputer (Windows dan Microsoft Office).
- Warga Negara Indonesia.
- Telah menyelesaikan masa studi jenjang pendidikan S1/S2 dengan melampirkan Ijazah.
- IPK minimal 3,00 (skala 4,00).
- Usia maksimal per 8 September 2016 :
- 26 tahun untuk jenjang pendidikan S1; atau
- 28 tahun untuk jenjang pendidikan S2.
- Aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan/atau sosial kemasyarakatan merupakan nilai tambah.
- Berkelakuan baik dan sehat jasmani serta rohani.
- Tidak sedang menjalani ikatan dinas atau bersedia melepaskan ikatan dinas dengan institusi lain.
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris aktif / sangat baik (setara dengan nilai TOEFL minimal 500).
- Diutamakan memiliki kemampuan sangat baik dalam penulisan, komunikasi verbal dan penggunaan komputer (Windows dan Microsoft Office).
Tata Cara Registrasi
- Pelamar hanya dapat melakukan registrasi melalui situs web www.ppm-rekrutmen.com/bankindonesia dengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.
- Pelamar diwajibkan menggunakan komputer/laptop untuk melakukan registrasi online.
- Pelamar wajib memiliki 2 (dua) alamat e-mail pribadi tidak diperkenankan menggunakan alamat e-mail milik orang lain dengan domain yang berbeda dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi ini. Kami tidak melayani perubahan/koreksi alamat e-mail dan nomor telepon seluler yang telah diinput oleh pelamar.
- Untuk memudahkan proses registrasi online, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen berikut ini. Data dari dokumen tersebut diperlukan untuk mengisi form registrasi.
- Kartu Identitas Diri (KTP) yang masih berlaku;
- Ijazah S1/S2 yang akan digunakan untuk melamar;
- Transkrip Nilai S1/S2 yang akan digunakan untuk melamar;
- Sertifikat Pelatihan/Surat Referensi Kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar.
- Pelamar diwajibkan menyiapkan soft file pas foto terbaru (maksimum 3 bulan terakhir) dengan ketentuan:
- Pas foto berformat JPG dengan ukuran file maksimum 100kb;
- Laki-laki: Pas foto berlatar belakang Biru dengan menggunakan kemeja putih polos;
- Wanita : Pas foto berlatar belakang Merah dengan menggunakan kemeja putih polos.
- Pelamar diwajibkan melakukan upload pada saat melakukan Registasi Online dengan format JPG, masing-masing file/dokumen berukuran maksimum 500kb, yang terdiri dari:
- KTP yang masih berlaku;
- Ijazah Asli yang digunakan untuk mengisi data saat registasi online
- Transkrip Nilai Asli (wajib menampilkan IPK) yang digunakan untuk mengisi data saat registrasi online.
- PETUNJUK PENDAFTARAN:
- Masuk ke menu PENDAFTARAN;
- Bacalah dengan teliti spesifikasi dan persyaratan;
- Pilih satu job family yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda;
- Klik DAFTAR pada job family tersebut. Isikan PERNYATAAN yang tampil pada halaman web. Anda baru dapat melanjutkan tahap PENDAFTARAN ke pengisian Form Registrasi setelah menyetujui seluruh pernyataan tersebut;
- Isikan form registrasi secara teliti, dengan informasi yang benar, dan dapat dibuktikan pada saat verifikasi dokumen/informasi;
- Pastikan anda telah mengisi data secara benar dan teliti.
- Klik tombol KIRIM setelah Anda mengisikan seluruh data pada form registrasi;
- Anda akan mendapat konfirmasi registrasi melalui e-mail yang berisikan nomor registrasi untuk digunakan selama proses seleksi. Anda tidak akan menerima e-mail apabila alamat e-mail yang Anda input salah dan/atau sudah tidak aktif. Apabila Anda belum menerima email konfirmasi lebih dari 3 jam setelah mendaftar, silakan gunakan fitur kirim ulang email konfirmasi yang tersedia pada menu BANTUAN;
- Anda diwajibkan mengunggah dokumen yang dibutuhkan melalui Login Upload Document yang tersedia pada menu BANTUAN.
- Pengiriman lamaran yang tidak melalui www.ppm-rekrutmen.com/bankindonesia dan melewati tanggal 8 - 14 September 2016 tidak akan diproses lebih lanjut/dianggap tidak berlaku.
- Apabila memenuhi kualifikasi seleksi administrasi secara menyeluruh, pelamar akan dipanggil untuk mengikuti pengecekan dokumen asli (bersamaan dengan seleksi Tahap Tes Potensi Dasar/Seleksi Tahap 1). Dokumen yang harus dibawa untuk diserahkan pada saat tes akan disampaikan pada saat pengiriman undangan Tes Potensi Potensi Dasar/Seleksi Tahap 1).
- Jadwal kegiatan dan pengumuman hasil seleksi setiap tahap dapat dilihat pada Tabel Jadwal Kegiatan.
- Pelamar hanya dapat melakukan registrasi melalui situs web www.ppm-rekrutmen.com/bankindonesia dengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.
- Pelamar diwajibkan menggunakan komputer/laptop untuk melakukan registrasi online.
- Pelamar wajib memiliki 2 (dua) alamat e-mail pribadi tidak diperkenankan menggunakan alamat e-mail milik orang lain dengan domain yang berbeda dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi ini. Kami tidak melayani perubahan/koreksi alamat e-mail dan nomor telepon seluler yang telah diinput oleh pelamar.
- Untuk memudahkan proses registrasi online, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen berikut ini. Data dari dokumen tersebut diperlukan untuk mengisi form registrasi.
- Kartu Identitas Diri (KTP) yang masih berlaku;
- Ijazah S1/S2 yang akan digunakan untuk melamar;
- Transkrip Nilai S1/S2 yang akan digunakan untuk melamar;
- Sertifikat Pelatihan/Surat Referensi Kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar.
- Pelamar diwajibkan menyiapkan soft file pas foto terbaru (maksimum 3 bulan terakhir) dengan ketentuan:
- Pas foto berformat JPG dengan ukuran file maksimum 100kb;
- Laki-laki: Pas foto berlatar belakang Biru dengan menggunakan kemeja putih polos;
- Wanita : Pas foto berlatar belakang Merah dengan menggunakan kemeja putih polos.
- Pelamar diwajibkan melakukan upload pada saat melakukan Registasi Online dengan format JPG, masing-masing file/dokumen berukuran maksimum 500kb, yang terdiri dari:
- KTP yang masih berlaku;
- Ijazah Asli yang digunakan untuk mengisi data saat registasi online
- Transkrip Nilai Asli (wajib menampilkan IPK) yang digunakan untuk mengisi data saat registrasi online.
- PETUNJUK PENDAFTARAN:
- Masuk ke menu PENDAFTARAN;
- Bacalah dengan teliti spesifikasi dan persyaratan;
- Pilih satu job family yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda;
- Klik DAFTAR pada job family tersebut. Isikan PERNYATAAN yang tampil pada halaman web. Anda baru dapat melanjutkan tahap PENDAFTARAN ke pengisian Form Registrasi setelah menyetujui seluruh pernyataan tersebut;
- Isikan form registrasi secara teliti, dengan informasi yang benar, dan dapat dibuktikan pada saat verifikasi dokumen/informasi;
- Pastikan anda telah mengisi data secara benar dan teliti.
- Klik tombol KIRIM setelah Anda mengisikan seluruh data pada form registrasi;
- Anda akan mendapat konfirmasi registrasi melalui e-mail yang berisikan nomor registrasi untuk digunakan selama proses seleksi. Anda tidak akan menerima e-mail apabila alamat e-mail yang Anda input salah dan/atau sudah tidak aktif. Apabila Anda belum menerima email konfirmasi lebih dari 3 jam setelah mendaftar, silakan gunakan fitur kirim ulang email konfirmasi yang tersedia pada menu BANTUAN;
- Anda diwajibkan mengunggah dokumen yang dibutuhkan melalui Login Upload Document yang tersedia pada menu BANTUAN.
- Pengiriman lamaran yang tidak melalui www.ppm-rekrutmen.com/bankindonesia dan melewati tanggal 8 - 14 September 2016 tidak akan diproses lebih lanjut/dianggap tidak berlaku.
- Apabila memenuhi kualifikasi seleksi administrasi secara menyeluruh, pelamar akan dipanggil untuk mengikuti pengecekan dokumen asli (bersamaan dengan seleksi Tahap Tes Potensi Dasar/Seleksi Tahap 1). Dokumen yang harus dibawa untuk diserahkan pada saat tes akan disampaikan pada saat pengiriman undangan Tes Potensi Potensi Dasar/Seleksi Tahap 1).
- Jadwal kegiatan dan pengumuman hasil seleksi setiap tahap dapat dilihat pada Tabel Jadwal Kegiatan.
Ketentuan Seleksi
- PPM Manajemen adalah konsultan independen yang ditunjuk melaksanakan proses seleksi penerimaan PCPM Angkatan XXXII Bank Indonesia, kecuali tahap tes kesehatan dan wawancara akhir.
- Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar untuk 1 (satu) Job Family.
- Seleksi / tes akan dilaksanakan di 10 (sepuluh) kota, yaitu: Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, dan Makasar. Akomodasi dan transportasi selama mengikuti proses seleksi menjadi tanggungan pelamar.
- Pendaftaran hanya dapat dilakukan melalui www.ppm-rekrutmen.com/bankindonesia. Panitia seleksi tidak menerima lamaran melalui pos atau media pengiriman lainnya.
- Bagi Pelamar yang pernah mengirimkan lamaran ke Bank Indonesia diwajibkan memperbarui lamaran dengan melakukan registrasi online melalui situs-web tersebut di atas.
- Jangka waktu registrasi online dimulai sejak tanggal 8 September 2016 (pukul 08.00 WIB) s.d. 14 September 2016 pukul 23.59 WIB.
- Pengumuman tiap tahapan seleksi akan dicantumkan dalam www.ppm-rekrutmen.com/bankindonesia.
- Dalam hal dibutuhkan informasi mengenai teknis seleksi agar menghubungi call center PPM Manajemen 021-2300313 #2427 #2423 #2418 #2410 #2406.
- Hanya kandidat dengan kualifikasi terbaik yang akan mengikuti tahapan seleksi.
- Tidak dipungut biaya apapun dalam proses seleksi calon pegawai Bank Indonesia. Mohon berhati-hati terhadap penipuan, apabila ada pihak yang berusaha meminta biaya/menjanjikan sesuatu/menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dan seleksi dapat melapor kepada call center PPM Manajemen.
- Keputusan panitia seleksi bersifat mutlak dan final.
- Panitia tidak berkewajiban untuk mengembalikan dokumen peserta seleksi.